Menu
 

Tuberculosis (TB) adalah penyakit infeksius yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. TB ini biasanya menyerang daerah paru-paru dan dapat menyebar hampir ke semua organ tubuh.
Cara penularan infeksi kuman (bakteri) tuberkulosis dari seorang yang menderita TBC terhadap oarang lain ditentukan oleh banyaknya jumlah kuman yang berada di dalam paru-paru penderita. Sumber penularan TBC di udara bisa berasal dari dahak. Banyaknya kuman pada paru-paru penderita penyakit TBC dapat diperiksa dan dilihat melalui mikroskop yaitu pada pemeriksaan dahaknya.
Berikut ini adalah tips dan cara hidup sehat untuk mencegah penularan infeksi penyakit TBC paru :

Tindakan Pencegahan TBC Paru oleh orang yang belum terinfeksi
1-    Selalu berusaha mengurangi kontak dengan penderita TBC paru aktif.
2-    Selalu menjaga standar hidup yang baik, caranya bisa dengan mengkonsumsi nakanan yang bernilai gizi tinggi, dan menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolah raga.
3-    Pemberian vaksin BCG, tujuannya untuk mencegah terjadinya kasus infeksi TBC yang lebih berat. Vaksin BCG secara rutin diberikan kepada semua balita.

Tindakan Pencegahan TBC Paru oleh penderita agar tidak menular
Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk membantu menjaga pencegahan TBC agar infeksi bakteri tidak menular kepada orang-orang di sekitar baik teman atau keluarga di rumah.
1-    Selama beberapa minggu menjalani pengobatan sebaiknya tidak berpergian ke mana pun baik itu sekolah, tidak melakukan aktifitas di tempat kerja (ngantor), dan tidak tidur sekamar dengan orang lain meskipun keluarga sendiri sebagai usaha pencegahan TBC agar tidak menular.
--    Sifat dari kuman (bakteri) TBC adalah memiliki kemampuan menyebar lebih mudah di dalam ruangan yang tertutup di mana udara tidak bergerak.
3-   Selalu menggunakan masker untuk menutup mulut kapan saja ketika didiagnosis TBC.
4-    Jangan meludah di sembarangan tempat, meludah hendaknya pada wadah atau tempat tertentu yang sudah diberi desinfektan atau air sabun.
5-   Menghindari udara dingin dan selalu mengusahakan agar pancaran sinar matahari dan udara segar dapat masuk secukupnya ke ruangan tempat tidur.
6-   Tidak melakukan kebiasaan sharing penggunaan barang atau alat. Semua barang yang digunakan penderita TBC harus terpisah dan tidak boleh digunakan oleh orang lain bai itu teman bahkan anak, istri dan keluarga. 
7-     Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kadar karbohidrat dan protein tinggi.

Posting Komentar

 
Top